Selasa, 03 Juli 2012

How to Get GOOD Grades


Hai,,,
Sering sekali saat kita mencari ilmu baik itu di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan sampai Kuliah kita kewalahan untuk mempersembahkan yang terbaik dalam arti nilai yang kita ingin raih dan persembahkan untuk orang yang kita sayangi.
Namun, ada beberapa orang yang berkata bahwa nasib di tangan Tuhan, kekayaan di tangan Tuhan bahkan kepintaran di tangan Tuhan. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dapat kamu lakukan jika semuanya ditangan Tuhan ?
Yah, memang benar semua yang ada di dunia ini adalah milik dan ciptaan Tuhan jika kamu percaya adanya Tuhan, tetapi kalau kita tidak ada usaha tidak ada yang dapat diharapkan, benar bukan ?
Dengan segala ketulusan, saya rindu membagikan beberapa tips untuk memperoleh nilai terbaik seperti yang kita inginkan, cekidot !
  1. Self Disipline, sekalipun kamu mempunyai intelegensi tinggi namun jika tidak memiliki disiplin mustahil akan mendapat nilai yang baik. 
  2. Hard workers, jadilah pekerja keras sama seperti semut yang membawa bebannya empat kali lipat berat badannya, selagi masih ada waktu tetaplah bekerja keras.Jangan bermalas-malasan sebab hari-hari ini jahat dengan godaan-godaannya.
  3. Organize, yup benar banget kita perlu mengordinasi segala sesuatu dengan baik. 
  4. Manage time, aturlah waktu mu sebaik-baiknya. 
  5. Attend class, semua kita perlu hadir di kelas sebab tanpa kehadiran kita akan kehilangan beberapa informasi penting yang guru atau dosen kita ajarkan. So..stay there!
  6. Be Succesful in Classroom, walaupun kita tidak sesering teman kita yang lain menjawab pertanyaan guru atau dosen bahkan hal yang lain. Tidak usah merasa minder, dengan kita fokus memperhatikan guru atau dosen mengajar dan menerangkan itu sudah sangat sukses di kelas. Do it !
  7. Adaptasi dengan Dosen / Guru , sering sekali saya mendengar ketika masuk semester baru dan tentunya dengan guru atau dosen yang baru, ah..guru itu killer atau dosen itu aneh cara mengajarnya.    Yah, tentu dosen yang satu dengan yang lain akan berbeda dalam penyampaian materi pelajaran sebab masing-masing orang dengan caranya bukan? Tidak ada yang dapat kita ubah disana selain bagaimana cara kita untuk beradaptasi. 
  8. Siapkan Pelajaran, sebelum kelas dimulai sebaiknya kita terlebih dahulu sudah membaca pelajaran apa yang akan dibahas di kelas apalagi setiap mata pelajaran pasti ada buku panduannya. Jangan biasakan diri pergi ke kelas berlenggang-lenggong tanpa persiapan materi.
  9. Duduk di depan, memang kedengarannya agak menggelikan ..layaknya seperti anak TK. Tapi tidak menajdi persoalan sebab jika kita duduk di belakang banyak godaan yang akan kita dapatkan contohnya ngantuk karena susah memperhatikan guru, kepala teman kita ketinggian dan sebagainya. Jadi duduklah di depan.
  10. Aktif di kelas, ini bukan berarti kita harus getol banget buat jawab apa yang guru atau dosen kita tanya sampai-sampai kita kelihatan aneh. Yang saya maksud adalah aktif dalam arti bukan hanya datang ke kelas kemudian duduk, mendengar penjelasan dari guru atau dosen kemudian bel berbunyi lalu pulang. Aktif yang saya maksud adalah kalau misalnya spidol habis kita bisa langsung lari untuk mengambil ke kantor, atau papan tulis sudah penuh kita hapus dan banyak hal yang dapat membuat kita aktif di kelas. 
  11. Catatan yang Bagus, banyak siswa ataupun mahasiswa yang susah untuk mengulangi pelajaran yang di bahas di kelas karena tulisannya yang tidak bersahabat. Ketika guru ataupun dosen menerangkan semaksimal mungkin catatlah denga rapi .
  12. Study Smart, Jika kamu merasa waktu yang paling baik untuk belajar adalah pagi hari, bangunlah dan belajar. Jika di malam hari, lakukanlah itu.
  13. Ulangi Baca Pelajaran, sebaiknya pelajaran yang sudah kita dapatkan di kelas  tidak berlalu begitu saja, ulangi baca di rumah atau dimana saja tempat yang kamu rasa nyaman untuk belajar. Kenapa hal itu perlu ? Karena setiap manusia memiliki kesibukan masing-masing selain untuk belajar. 
  14. Ketahui Tempat yang Cocok untuk belajar. Jika kamu rasa menyendiri di kamar adalah suasana yang paling baik untuk belajar lakukanlah, jika di ruang tamu lakukanlah, jika di atas pohon sekalipun tetap lakukan tapi hati-hati jatuh, hehe.
  15. Setelah kamu melakukan semua usaha itu, lalu kemudian berdoalah agar Tuhan campur tangan menyempurnakan usaha mu itu.
Teman-teman ku yang tersayang..
Sayapun melakukan hal itu setiap hari, dan hasilnya tidak pernah mengecewakan.
Selamat mencoba.

Terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar